Rabu, 08 Juni 2011

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

POSTING 1

BAGAIMANA BILA IPTEKS TANPA DILANDASI NILAI-NILAI ETIS DAN RELIGIUS


Perkembangan ilmu pengetahan, teknonogi dan seni bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai kebutuhan bangunan. teknologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat  memanfaatkanya, teknologi tersebut dapat menolong mereka ala meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
Mengembangkan nilai-nilai dan budaya ipteks dengan tetap menjunjung aau memeliharanilai-nilai agama, keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, seta nilai-nilai luhur budaya bangsa.
Oleh karena itu, apabila IPTEKS tanpa nilai-nilai etis dan religius akan berbahaya serta dapat menghancurkan moral atau akhlak manusia karena manusia tidak mampu mengendalikan kebudayaanya dan manusia tidak bisa mengambil nilai manfaat dari teknologi yang digunakan.
Agar teknologi dimanfaatkan dengan baik maka harus dilakukan pendidikan yang komprehensif.




POSTING 2

BAGAIMANA SEHARUSNYA KEDUDUKAN IPTEKS DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Manusia sebagai subek dan objek IPTEKS, dengan adanya kemajuan ilmu teknlogi manusia dapat menciptakan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan.
Makna IPTEKS, yaitu perkembangan teknologi dapat menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat, sifat ketidakpuasan manusia mendorong kemjuan teknologi digunakan untuk memudahkan kehidupan manusia. IPTEKS harus dikembangkan sesuai kebutuhan pembangunan manusia agar tidak mubadzir. Perkembangan IPTEKS harus menyesuaikan nilai yang dianut suatu masyarakat agar tidak terjadi konflik.




POSTING  3

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BERADAB DAN MASYARAKAT ADAB
DALAM PERKEMBANGANNYA BISA JATUH DALAM PERILAKU KEBIADABAN



Peradaban adalah cipta, rasa, karsa manusia bertingkat secara bertahap, manusia diberi akal, dan berfikir sehingga dapat menciptakan sesuatu yag baru yang tercermin dari aspek intelekual, keindahan, teknologi dan spiritual, mempengaruhi teraap perilaku yang semakin estetis, moralis, dalam rangka kesempurnan hidup manusia.
Manusia adalah makhluk yang beradab sebab dianugerahi harkat, martabat serta potensi kemanusiaan yang tinggi. Dalam perkembangannya manusia bisa jatuh dalam perilaku kebiadaban karenatidak mampu menyeimbangkan atau mengendalikan cipta, rasa, karsa yang dimilikinya, dan manusia tersebut melanggar hakikat kemanusiaannya.





POSTING 4

PERADABAN MERUPAKAN PERWUJUDAN KEBUDAYAAN
SEBAGAI HASIL KREATIFITAS MANUSIA


Peradaban merupakan wujud kebudayaan sebagai hasil kreatfitas manusia, sekaligus mempengaruhi serta menjjadi pedoman bagi hidupnya. Istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan seperti keseniaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, adat sopan santun serta pergaulan.
Kebudayan hakikatnya adalah hasil cipta, rasa, karsa rasa manusia. Manusia memilki cipta, rasa dan karsa membuat manusia berfikir, menciptakan sesuatu yang baru untuk mencapai kesempurnaan dan kemakmuran. Hasil dari kreatifitas manusia mengenai kebudayaan tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi dan spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar